Trend Buku Antologi

Buku Antologi artinya buku yang ditulis secara keroyokan atau bersama-sama oleh sejumlah penulis. Menurut wikipedia, antologi diturunkan dari bahasa Yunani yang artinya kumpulan bunga. Maka bisa diartikan buku antologi adalah sebuah kumpulan dari karya-karya sastra.

Awalnya antologi hanya kumpulan puisi. Namun dalam perkembangannya, antologi berkembang menjadi kumpulan cerpen atau kisah nyata yang menginspirasi.

Saya suka menulis namun bukan pandai menulis. Mengetahui trend antologi ini, saya berfikir kalau saya bisa mulai melatih tulisan yang lebih bermutu melalui buku antologi. Terasa tidak berat seperti menulis solo karena hanya sepenggal kisah yang mengalir untuk dituliskan begitu saja. Meskipun saya mulai berfikir untuk menulis yang lebih berat seperti biografi dan nantinya semakin terlatih menulis jenis apa saja lainnya. Setidaknya saya telah memulai langkah pertama saya. 

Maka bukan November 2021, saya mulai mengisi hari-hari saya yang sudah cukup padat dengan masuk ke 3 kelas belajar menulis sekaligus di Inscript Creative. Ini untuk menjaga ritme semangat belajar menulis saya agar tidak terputus. Dua kelas untuk berkolaborasi bersama penulis lain membuat buku antologi dan satu kelas belajar menulis biografi. 

Dari dua kelas antologi ini saya telah ikut menyumbang tulisan dalam buku antologi berjudul “ Si Kecil Mulai Aktif ya, Bun ! “ yang berisi ratusan kisah pengalaman pribadi membimbing anak-anak ketika mereka mulai aktif. 

Kelas buku antologi kedua saya menghasilkan buku antologi yang berjudul “ Bukan Cerita Biasa “. Buku ini berisikan ratusan kisah kehilangan yang pada akhirnya justru mendekatkan kepada Allah. 

Senang rasanya ada wadah untuk melatih saya menulis dan akhirnya menjadi sebuah buku walaupun bagian saya hanya kecil disana, sebab keroyokan. 

Tak mengapa, bukankah kesukses yang besar selalu dimulai dengan langkah pertama ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *